Thursday, May 22, 2008

Yang tersisa dari Champions League Final 2008

Dua klub sepakbola yang bertemu di Final Champions League tahun ini, total memiliki hutang sekitar 1,5 billion pounds. Amazing !!


Manchester United memiliki hutang sekitar 764 million pounds, yang terbanyak hutang kepada keluarga Glazier. Dengan profit hanya sebesar 40 million pounds tahun lalu, berarti membutuhkan sekitar 19 tahun untuk melunasinya, itupun jika mereka tidak banyak membeli pemain yang berharga mahal. Sedangkan mereka harus membayar bunga pinjaman yang tidak dapat dibilang kecil. Ironis untuk klub sebesar Manchester United.


Sedangkan Chelsea memiliki hutang sebanyak 736 million pounds, yang terbanyak berasal dari pribadi Abramovich sebagai pemilik klub yaitu sebesar 578 million pounds.
Hal yang sangat riskan mengingat Mr Abramovich juga sedang diusut oleh pengadilan dibisnis utamanya yaitu perminyakan. Jika Mr Abramovich terbukti bersalah, sudah dapat dipastikan Chelsea akan mendapatkan kendala yang tidak mudah... sekitar 18 tahun dibutuhkan untuk melunasi hutangnya itu.

Bagaimana dengan Arsenal?



Arsenal memiliki hutang sebesar 360 million pounds. Jumlah yang juga sangat besar memang, namun jika dilihat ke neraca keuangannya, dapat dilihat perbedaan yang jelas mengapa Arsenal dapat dibilang sehat secara keuangan dibandingkan Manchester United maupun Chelsea.
Pengeluaran dan pinjaman terbesar Arsenal tahun lalu masih dikarenakan pembangunan kembali Kompleks Highbury dan perpindahan home base mereka dari Highbury ke Emirates Stadium.
Dengan profit yang meningkat tajam sejak kepindahannya ke Emirates Stadium, yaitu dari sekitar 14 million pounds menjadi sekitar 52 million pounds saat ini, kemudian kompleks Highbury yang belum terjual, maka secara finansial Arsenal sangat aman.

Sekilas informasi yang mungkin dapat berguna buat Anda.





Powered by ScribeFire.

No comments: