Monday, June 23, 2008

Memotong Posting/Tulisan

Iseng-iseng hari Minggu yang lalu saya coba buka blog pake Opera Mini di hp O2. Waaah... ternyata lambat banget. Loading pagenya nyampe 77kb dibandingin sama blog-blog lain yang cuma 40kb – 55kb. Otomatis selain waktu loading-nya lama juga pasti cost-nya juga bertambah donk... :) Harus di perkecil nich, tapi gimana caranya?

Yang pertama terpikirkan oleh saya, widget-widget yang buaanyak itu harus dipangkas, yang gak penting-penting amat dibuang.

Setelah itu?

Oh iya, saya sering berkunjung ke blog-nya mas pram, saya tertarik dengan dipotongnya tulisan beliau sehingga nggak makan tempat, trus tinggal klik ...read more-nya untuk membaca tulisannya lebih lanjut.

Tapi gimana caranya? Setelah google-ing sana-sini akhirnya ketemu juga di Abahnya Chacha Blog.

Setelah utak-atik sedikit, dari 77kb turun ke 65kb. Lumayan... Nah buat yang mau nyoba di blog-nya sendiri, ni aku copy-in dari artikelnya si Abah.

Bah, pinjem artikelnya ya...


* Masuk menu Layout.
* Klik menu Edit HTML.

* Klik Expand Widget Template, kemudian
* Cari kode seperti ini :


} ]]></b:skin>

* Masukkan Kode dibawah ini setelah kode tersebut :

<style>
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
span.fullpost {display:inline;}
<b:else/>
span.fullpost {display:none;}
</b:if>
</style>

* Cari kode seperi ini :

<p><data:post.body/></p>

* Tambahkan kode ini sesudahnya :

<b:if cond='data:blog.pageType != "item"'>
<a expr:href='data:post.url'>Read More...</a>
</b:if>


Selesai.

Di awal setiap Posting yang akan dipotong tambahkan kode

<span class="fullpost">

Dan kemudian tambahkan kode </span> diakhir posting.

Agar lebih mudah melakukan find, copy dan paste sebaiknya menggunakan Firefox atau Portable Firefox, dijamin pekerjaan Anda lebih mudah.

Selamat Mencoba

Powered by ScribeFire.

1 comment:

Anonymous said...

Yup, benar, boros banget.

Saya juga pernah buka pake PDA, selain data yg ditransfer besar, juga layoutnya tidak menyenangkan. Lebih enak menggunakan Blog Server berbasis WordPress.com.

Oleh karena itu, saya berlangganan blog terkini menggunakan RSS/Atom, simple dan hemat biaya. ;)

Saat ini saya menggunakan pRSReader di PDA saya. Sedangkan untuk PC saya menggunakan RSS Bandit. Bagus....

Coba kunjungi : http://malachite.wordpress.com/2008/06/25/berlangganan-blog-dengan-rssatom/